Skip to content

Pelaut Ulung Tidak Akan Lahir Di Laut Yang Tenang..

April 5, 2010

Bersama putriku berarti tak akan ada ketenangan sidikitpun. Explorasi besar-besaran selalu dia lakukan di umurnya yang belum genap 4 tahun. Waktu dia berumur 2 tahun, dia sudah menanyakan banyak hal tentang ALLAH. Lumayan bikin aku kelabakan.Walaupun akhirnya perlahan aku mampu menjawab semua pertanyaannya. Tapi butuh kerja keras dan pemikiran yang dalam tapi cepat. Karena dia tak pernah sabar menunggu jawaban dariku.

Akhir-akhir ini dia courius tentang kematian, dia menanyakan banyak hal seputar itu. Dia bilang, “kalau umi meninggal mb.titi nanti gimana?”.

Dia menangis histeris melihat aku sakit. Dia berteriak “ummi nggak boleh sakit, ummi nggak boleh sakit!!!..”

Dia menangis sambil berteriak dan sulit sekali untuk ditenangkan, padahal biasanya dia mudah sekali untuk diajak bicara.  Sekuat tenaga aku bangun dari tempat tidur dan berusaha keras untuk tampak sehat untuk bidadari surgaku. Akhirnya aku tahu bahwa dia tak mau aku sakit karena dia takut umminya akan meninggal dan dikubur. Lalu perlahan meluncur dari mulut kecilnya tentang ketakutan dan kekhawatirannnya tentang kematian.  Sebelumnya beberapa kali aku pernah mengajaknya ta’ziah. Rupanya hal itu sangat membekas di hati dan ingatannya. Untuk sementara waktu dia bisa kutenangkan tapi entah untuk berapa lama karena setelah itu dia seakan tak mau lepas dariku.

Beberapa hari kemudian setelah kondisiku membaik dan dia sudah kembali ceria aku mulai mengajaknya bicara lagi tentang hal itu. Aku ceritakan padanya saat-saat aku kehilangan kedua orang tuaku dan caraku untuk menghadapinya. Kujelaskan sebisanya sesuai kapasitas anak umur 3 tahun tentang banyak hal seputar hakikat kematian. Aku tak ingin membohonginya tapi aku juga tak mau membuatnya ketakutan akan hal itu. Lumayan menguras energiku berbicara tentang itu kepadanya karena bagaimanapun dia seorang anak yang baru berumur 3 tahun.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

